Pertemuan yang lalu dengan kawan-kawan, menyadarkan gue akan suatu hal. Kawan-kawan gue punya semangat belajar yang baik. Mereka punya w...

Tutor oh tutor II

/
0 Comments

Pertemuan yang lalu dengan kawan-kawan, menyadarkan gue akan suatu hal. Kawan-kawan gue punya semangat belajar yang baik. Mereka punya waktu masing-masing untuk belajar dan bermain. Jadi waktu yang digunakan tidak hanya tertuju pada belajar saja, namun tetap ada bermainnya. Setidaknya mereka sudah punya waktu tersendiri untuk belajar. Mereka juga pastinya punya kegiatan di luar perkuliahan. Namun tetap bisa dibilang masih mampu mengatur jadwalnya. Dari situ gue sedikit tersadar. Gue melihat beberapa dari mereka berjuang di kampusnya masing-masing, sedangkan gue sampe sekarang masih aja nyantai abis. Karna hal itu, gue jadi terinfluns untuk semangat belajar. Salah satunya lewat tutor yang gue jalani ini.

Pada postingan sebelumnya telah gue sebutkan bahwa gue sedang mengikuti program yang diadakan dari kampus gue sebagai persiapan UAS, yaitu tutorial. Tutorial yang gue dapet yaitu mata kuliah fisika. Namun kali ini gue mengikuti tutorial PM (Pengantar Matematika). Gue mengikuti tutorial PM ini sebagai langkah awal dari semangat belajar yang ingin gue tumbuh kembangkan. Soalnya kalo gue gak bergerak dari hari itu, mau kapan lagi gue bakal punya kemauan untuk menghilangkan rasa malas ini. Karna yang ngebantu kita nantinya adalah kemampuan kita sendiri. Jadi setidaknya gue harus menumbuh kembangkan rasa percaya diri gue agar tidak selalu bergantung dengan orang lain.

Gue berangkat bareng kedua temen gue. Yang pertama si bobi, manusia tinggi, suka eror, dan suka masuk dalam tumblr gue. Kedua ada si gagas, manusia gemuk yang berusaha kurus, koplak, dan suka narsis. Oke, kita kalo udah kumpul sering ngobrol gak jelas. Ada satu orang lagi namanya taufik, tapi dia gak ikutan tutorial. Tak mau menunggu lama, kita bertiga berangkat.

Kita masuk kelas tutorialnya si gagas. Gue disini sebagai penyusup. Soalnya tutorial yang gue dapet adalah fisika, bukannya PM. Tapi gak masalah. Asala kita gak buat rusuh atau mengganggu yang lainnya sih, ya gpp ikutan tutorial mana pun menurut gue. Tapi apadaya, kita bertiga sudah ngumpul, jadinya susah buat serius belajar (jadi ini intinya niat gak sih gue belajar).

Berbeda dengan tutorial fisika gue yang diajar oleh seorang dosen tua, disini kita diajar oleh asdos. Masih muda yang pasti. Sayangnya dia cowok (emang kenapa?) *gak penting*. Berbeda lagi dengan tutorial fisika gue yang di kasih kertas berisi soal-soal, disini soal ditulis di papan tulis dan jumlahnya kurang dari sepuluh soal. Memang terlihat lebih efektif seperti ini, karena apabila soal yang diberikan terlalu banyak, belum tentu semua soal akan habis dibahas. Nah kalo soalnya cuma dikit kayak gini, kemungkinan besar pasti semua soal bakal habis dibahas.

Asdos mulai nulis soal di papan tulis. Mahasiswa yang laen termasuk kedua temen gue, si bobi dan gagas pun ikut nyatet. Gue sendiri malah maen hp.

Bobi: kok gak nyatet fizh?
Gue: itu cuma soal bob, ngapain dicatet
Bobi: buset dah
Gue: *nyengir*

Asdos selesai nulis soal dan kemudian mulai berkeliling sambil memerintahkan para mahasiswa untuk mengerjakan sebisanya.

Gue: *nulis soal sambil pura-pura ngerjain*
Bobi: kok nulis soal fizh?
Gue: hari gini gak nulis soal bob? Parah abis
Bobi: buset dah
Gue: *nyengir kembali*

Asdos kembali lagi menuju papan tulis. Sang asdos mulai membahas soal yang barusan ia tulis. Satu per satu soal dibahas dengan santai. Disini terjadi perbedaan kecepatan dalam membahas soal saat tutorial PM dengan fisika. Di fisika pembahasannya super cepat. Ya itu mungkin dikarenakan soalnya yang tehitung lebih banyak. Sedangkan pada PM, pembahasannya sedikit lebih lambat dan santai. Itu dikarenakan memang soal yang diberikan lebih sedikit. Sementara asdos lagi ngebahas soal yang di papan tulis, gue malah becandaan bareng bobi dan gagas. Soal yang dibahas masih termasuk soal yang gue mengerti *gaya*, jadi kalo becandaan gak masalah bagi gue. Kalo udah gak gue ngerti baru gue memperhatikan. Untung gue ama bobi gak di usir karna rada berisik. Udah nyuusup malah ribut pula, ckckck...

Yah kalo udah ngumpul bertiga begini malah jadi banyak becandanya ketimbang memperhatikan. Gimana enggak, mereka itu orangnya kocak-kocak semua, ya jadinya begini. Tapi kalo serius, kami bisa juga kok. Tapi kalo kelamaan serius gak kuat juga, langsung eror seketika dan kemudian mulai ngaco lagi. Jadi intinya kita ini di tutorial mau becandaan atau menyerap pelajarannya? Yah intinya kami tetap mau menyerap apa saja yang diberikan saat tutorial tapi gak terlalu dibawa serius biar gak terlalu stres. Ya dibawa enjoy aja.

Setiap orang punya cara belajar masing-masing. Mau dia belajar sendiri, belajar ramean, atau belajar sambil denger musik, apapun itu yang penting kita bisa enjoy saat belajar dan yang penting apa yang kita pelajari itu bisa lancar masuk ke otak. Semoga dengan kegiatan ini bisa meningkatkan semangat gue untuk mencoba kembali belajar. Semoga dengan meningkatnya semangat belajar gue bisa meningkatkan pemahaman materinya.
Oke, bersemangatlah dalam segala hal dan capailah apapun yang kalian inginkan dengan penuh perjuangan agar menimbulkan kepuasan setelah melakukannya.


You may also like

No comments:

Powered by Blogger.

Pages