Yak, mungkin judul postingan kali ini tidak begitu proposional. Tidak mengikuti aturan penulisan tata bahasa indonesia yg baik dan benar s...

Sebelas dan Dua Belas IPA Satu (Prolog)

/
0 Comments

Yak, mungkin judul postingan kali ini tidak begitu proposional. Tidak mengikuti aturan penulisan tata bahasa indonesia yg baik dan benar serta tidak melenceng. Tapi disini gw bakal nyeritain tentang kelas yg pernah gw tinggali selama dua tahun terakhir di SMA. Dua tahun yg terhitung lama namun terasa cepat berlalu tanpa terasa. Dua tahun penuh harapan demi menggapai cita-cita. Dua tahun penuh rasa dan cita saling berkolaborasi demi kemajuan bersama. (Gila ya, bahasa gw jadi enggak nahan gini)

Postingan ini gw bagi menjadi beberapa bagian. Karna ada bagian-bagian yg enggak bisa gw tulis menjadi satu dengan beberapa postingan. Dan juga mengingat banyaknya isi postingan apabila digabung menjadi satu. Ini adalah postingan pembukaan.

Gw masih inget saat dimana gw masuk di kelas ini. Kelas IPA 1. Saat itu adalah hari terakhir acara sekolahan gw. Acara baris-berbaris yg tidak tahu kenapa diadakan lagi selama dua kali. Setelah selesai acara, ada pengumuman tentang pembagian kelas. Gw melihat kesana kemari. Ternyata nama gw terpampang di sebuah papan pengumuman pembagian kelas. Tertera pada kelas 11 IPA 1.

Itu adalah pembagian kelas untuk dua tahun kedepan.

Kelas 11 IPA 1. Gw hanya mengenal beberapa orang awalnya. Itu dikarenakan mereka pernah satu SMP dengan gw ataupun pernah sekelas saat masih imut-imutnya kelas sepuluh. Juga mereka yg sedikit gw ketahui.

Awal masuk di kelas ini, bukannya gw berada di kelas dan berbaur bersama. Gw malahan pergi ke tetangga sebelah, 11 IPA 2. Bukan gw ansos (anti-sosial), bukan gw pilih-pilih kelas. Hanya saja gw mengetahui disaat pertemuan hari pertama akan ada pembentukan perangkat kelas. Yaps, pemilihan ketua kelas. Gw bukan sombong bakal kepilih jadi ketua kelas. Tapi karna perbandingan cowo’ dan cewe’ di kelas gw yg kelewat lebih di cewe’, memunculkan faktor tiap oragnya menjadi ketua kelas termasuk gw. Karna hal itu gw berada di IPA 2 yg juga sedang mengatur perangkat kelasnya. Gw malah menggila ria disana ikut dalam pemilihan ketua kelas IPA 2. Tapi apa yg terjadi? Saat gw kembali ke kelas lagi. Gw udah jadi ketua kelas. WHAT?!? Ada apa ini? Lu siape? Gue siape? Kenapa tiba-tiba gw jadi ketua kelas. Buset dah. Padahal gw udah mengindari kegiatan perekrutan ketua kelas ini. Setidaknya dijadikan calon ketua kelas pun enggak. Trus kenapppaaah?!? KkkkkeEennaAapPpaaahhH?! *alay dan lebay bersatu*

Gw enggak tau apa yg tersimpan dalam benak mereka tentang diri gw. Kenapa orang seperti gw bisa jadi ketua kelas. Okeh gw emang lebay, baru jadi ketua kelas aja kayak gini. Tapi itu adalah pikiran gw dulu yg masih dalam kondisi labil. Yg masih belum mengetahui tentang bagaimana kepemimpinan itu.

Gw mulai mencoba menerima untuk menjadi ketua kelasi ini. Gw menjalani tugas kepemimpinan ini kurang baik. Itu karna gw yg ogah-ogahan menjalankan tugas ini. Kelas gw aja ampe jadi kelas terkotor. Padahal gw udah rajin piket *ditimpuk anak kelas*. Gw juga udah mengayomi anak-anak kelas dengan baik sebisa gw (kata siapa!?!). Gw cuman males kalo ada anak kelas yg terlalu ngandelin. Misalnya kalo buang sampah, kan ada ‘lo’ ato kalo ngisi spidol, kan ada ‘lo’. Gw terlalu risih dengan kata, “kan ada ‘lo’ *jadi curhat*. Gw lebih seneng kalo itu semua adalah inisiatif gw sendiri. Jadi gw lebih menikmatinya. Tapi kalo dipikir-pikir, kapan gw berinisiatif ya?? Hahaha.

Masalah pertama saat dapet kelas itu adalah tempat duduk. Tempat duduk adalah hal yg harus tangani sejak awal. Kita  harus mencari tempat yg sangat strategis sekali demi kelancaran segala hal yg bakal terjadi nantinya. Gw udah dapet tempat strategis gw, yaitu pojok deket AC yg bisa ngeliat sekeliling secara seksama. Tempat yg gw rasa pas. Tapi ternyata ada yg minta tukeran tempat. Karna gw sangat baik hati *hoeek*, gw jadi bertuker tempat. Eiitts. Tapi gw jadi duduk didepan sekali. Set dah. Tukeran-sih tukeran, tapi enggak paling depan juga kali (gw adalah tipe siswa suka ngobrol, tak pantas duduk paling depan). Yah, mungkin itu bisa ngebuat gw jadi lebih fokus ke pelajaran daripada ngobrol *menghibur diri*. Terima kasih kawan.

Kelas ini adalah kelas yg unik. Dimana anak-anaknya secara tiba-tiba, tanpa ada skenario telebih dahulu (buat apa!!!) mereka suka ‘krik’ (red: hening). Gw gg ngerti kenapa. Mungkin karna ketua kelasnya yg suka ngeluarin lawakan-lawakan garing yg suka enggak jelas gitu. Atau setting-an mereka udah kayak gitu dari sononya.

Anak-anak kelas ini juga unik-unik. Ada yg aneh-aneh juga. Entah karna gw yg enggak bisa menerima keanehan mereka atau malah gw sendiri yg aneh (LO FIZHH!! NGAPAIN NUDUH ORANG LAEN) *ngelunjak*. Tapi dari segala keunikan dan keanehan itu, kita semua jadi beragam (ciah bahasa gw).
Dari semua itu, kegiatan yg sangat sering dilakukan adalah kegiatan pagi. Yaitu kegiatan mengerjakan PR-S (Pekerjaan Rumah sampai Sekolah). Ini sepertinya menjadi kegiatan rutin pagi kami. Mulai dari yg sudah ada yg berbaik hati telah menyelesaikan PR-Snya sampai ada yg belom mengerjakannya bahkan ada yg tidak tau kalo ada PR-S hari itu (gw enggak bilang itu gw).

Di kelas dua belas gw terpilih kembali jadi ketua kelas. Lagi-lagi gw tidak mengaetahui apa yg ada dibenak anak kelas. Apa mereka tidak merasakan akibat dari pergerakan selama gw jadi ketua kelas ini. Bagaimana kemampuan gw selama masih berada di kancah kepemimpinan di tahun yg lalu. Gw mencoba menerima kembali menjadi ketua kelas dengan senyuman *asik*. Gw mencoba untuk menjadi lebih baik dari yg lalu.

Ada beberapa kejadian yg menggugah hati gw untuk menjadi lebih baik. Mulai dari obrolan-obrolan pribadi dari beberapa anak kelas, sharing-sharing kecil, pengalaman bersama teman main, kawan-kawan hingga sahabat. Semua itu sudah lumayan menggugah hati gw yg selama ini hanya terpuruk diam, jatuh dalam keidealisan gw yg memperburuk kondisi diri sendiri.

Di akhir-akhir kebersamaan kita, baru gw menunjukkan diri gw yg sedikit berbeda. Sedikit merubah pola pikir gw. Mengonsep idelis gw dengan lebih baik lagi. Mungkin sedikit yg merasakannya karna sudah terbenak gw yg dimasa lalu yg seperti apa. *jadi curhat lagi*

Yah, mungkin sedikit kenangan yg gw bisa buat untuk kalian. Tapi kalian semualah yg memberikan banyak kenangan ke gw.



You may also like

No comments:

Powered by Blogger.

Pages