Penghujung bulan adalah hal yang mengerikan bagian sebagian mahasiswa yang mendapat kiriman per bulan. Penghujung minggu juga merupakan hal...

Potongan Harga

/
2 Comments
Penghujung bulan adalah hal yang mengerikan bagian sebagian mahasiswa yang mendapat kiriman per bulan. Penghujung minggu juga merupakan hal yang mengerikan bagi sebagian mahasiswa lainnya yang mendapat kiriman per minggu. Selain itu, penghujung pekan juga merupakan hal yang paling mengerikan bagi para jomblo diseluruh bumi. Pftt, maaf disini gue gak bakal ngomongin tentang sedihnya jomblo diakhir pekan. Ini adalah gimana kondisi mencekaknya keuangan dipenghujung bulan.

Oke, gue adalah salah satu mahasiswa yang mendapatkan kiriman per minggu. Terkadang per minggu. Paling bahaya adalah per bulan. Kenapa kalo dapet kiriman per bulan gue sebut dengan paling bahaya? Itu karena kita bakal hura-hura selama masih megang duit dan itu jumlahnya banyak. Berbeda ketika kalian mendapat kiriman per minggu yang terlihat sedikit tapi bisa pas untuk menempuh hidup selama seminggu. Ketika lu mendapat duit per bulan, lu bakal ngerasa banyak duit. Kemudian lu bakal dengan sengaja bakal mengorbankan minggu-minggu selanjutnya untuk mendapatkan kepuasan di minggu dimana duit lu masih utuh.

Kesalahan itulah yang sering dilakukan oleh gue. Gue suka mengorbankan kesenangan di minggu selanjutnya demi mendapat kepuasan lebih di minggu saat duit itu diterima. Gue selalu merasa kalo jajan dikit-dikit dengan menyisihkan duit minggu depan itu gak masalah. Enggak. Lu salah choy. Mungkin lu bisa puas, tiba-tiba makan makanan mewah. Mungkin lu bisa puas, tiap malem ada beberapa cemilan yang menemani begadangnya lu. Tapi setelah minggu berikutnya menuju minggu akhir dari sisa uang yang ada, lu bakal menderita. Tiap hari lu bakal nyari makan yang super murah abis. Tiap hari lu bakal muter otak gimana cara menurunkan porsi makan tapi lu tetep terjaga dalam kesehatan. Tiap hari lu bakal nyari tempat makan yang murah tapi bikin kenyang sampe dua hari.

Kesalah tersebut emang bakal nyusahin diri sendiri. Contohnya ketika lu memasuki minggu dimana kondisi kritis sedang berlangsung dan tetiba ada temen yang ngajak main atau nonton, lu bakal menolak atau malah berhutang. Nah, ini dia masalah selanjutnya. Berhutang adalah hal yang lebih menyakitkan lagi. Lu udah gak punya duit, trus ngutang. Eh ketika lu punya duit, lu harus balikin utang itu. Syiiit, lu jadi tetep gak punya duit. Karna itu, sebisa mungkin gue menghindari berhutang ketika krisis keuangan. Lebih baik gue mengirit.

Ngomong-ngomong masalah irit, gue adalah salah satu orang yang memperhitungkan harga dalam setiap barang yang akan gue beli. Contohnya adalah ketika gue sedang membeli sebuah biskuit coklat, sebut saja meng-meng. Saat gue perhitungkan antara berat dan harganya itu terdapat sebuah perbedaan yang janggal. Coklat tersebut lebih murah kalo beli yang versi kecil daripada versi gede. Jadi gue selalu membeli yang versi kecil biar untung. Emang irit sama pelit itu beda tipis.

Saat berbelanja di sebuah minimarket, gue sangat suka sekali memperhatikan sekitar. Memperhatikan barang-barang baru. Memperhatikan harga-harga barang yang dijual. Memperhatikan mbak-mbak kasirnya kalo cakep (lha). Oke gue mulai salah fokus. Yak, kita emang harus benar-benar memperhatikan harga barang-barang yang akan kita beli. Karna sedikit saja salah melihat, bakalan kacau perhitngan kita. Seperti ketika gue sedang berbelanja di sebuah minimarket yang baru buka kembali. Gue menemukan sebuah wafer dalam toples dan itu harganya sekitar 9rb. Jarang banget kan. Nah, itu dia salahnya, ternyata harga yang tercantum itu merupakan item yang lain. Jadi gue harus membayar barang belanjaan dengan kocek yang lebih tinggi. Bodoh sekali bung…

Di lain harinya ada temen gue yang kena jebakan harga itu lagi. Rasakan kau nak!!!

Belajar dari hal tersebut, ketika berbelanja gue selalu memperhatikan dengan baik. Inilah kemampuan yang seharusnya dimiliki tiap mahasiswa. Pengamat harga. Hmm, mungkin karena seringnya gue mengamati harga, gue bisa jadi narasumber untuk mereka yang ingin memuat berita tentang perbandingan harga minimarket di dalam dan di luar kampus. Jelas berbeda. Gue udah mengamati harga dari beberapa minimarket disekitar kampus. Gue mendapat kesimpulan bahwa minimarket dalam kampuslah yang lumayan lebih murah dari yang lainnya. Namun bukan berarti minimarket luar kampus tidak murah. Mereka bisa menunjukkan harga barang yang murah dengan cara melakukan potongan harga.

Sebagai mahasiswa yang intelek (gak ada hubungannya sih), gue harus jago dalam mencari potongan harga yang terbaik diantara minimarket sekitaran kampus. Gue harus cemat dalam mengamati potongan harga dikala akhir pekan yang mencekam. Gue harus menemukan minimarket yang super sok ide ngasih potongan harga yang aneh.

Saat ini gue berhasil menemukan salah satu minimarket tersebut. Letaknya berada tidak jauh dari kontrakan gue. Gue menemukan sebuah makanan seharga 4rb-an satu biji, namun kalo dua biji jadi 5rb, kan kocak. Yaudah gue sikat aja tuh makanan. Trus minuman seharga 5rb-an satu botol, namun mendapat potongan harga hingga menjadi 3rb. Busyet, nih minimarket super sok ide banget. Gue jadi seneng. Makanan yang seharusnya seharga 15rb-an, hanya gue bayar sekitar 7rb-an. Sungguh menyenangkan mendapat potongan harga di akhir bulan.

Salam dari manusia sok ide untuk kalian yang memberikan solusi super sok ide.




You may also like

2 comments:

Nonamei said...

serem juga ya postingan ini,, diam2 jadi detektif harga,,wkwkwk
btw,, gue juga waktu kuliah gitu kok, makanan andelan gue sih mie instan dong ya hahah
eh menurut gue,, yang harga wafer setoples itu menurut gue taktik minimarketnya tau #sotoy

Hafizh said...

sebagai mahasiswa emang harus peka sama harga barang, haha...
kalo mi instan mah emang makanan sejuta mahasiswa.
iya ya? gak ngerti dah, apa emang mata gue yang sliwer gak melihat dengan bener tentang harga itu, hmm...

Powered by Blogger.

Pages